Profil Madrasah

PROFIL MTSN 8 BANJAR

SEJARAH  SINGKAT

Madrasah Tsanawiyah Negeri Astambul berasal dari sebuah Madrasah Tsanawiyah  swasta  yang bemama  Al-Irsyad,  berdiri  pada  tahun   1967 yang terletak di Desa Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambul.

Pada  tahun  1995 Madrasah  Tsanawiyah  Swasta  AI-Irsyad  dinegerikan dengan Surat Keputusan  (SK) Menteri Agama Nomor  : 515 A pada tangga1 25 November   1995, sehingga  statusnya  berubah  menjadi  negeri   dengan  nama Madrasah Tsanawiyah  Negeri Astambul.

Dan pada tahun 2016 Madrasah Tsanawiyah Negeri Astambul mengalami perubahan nama menjadi MTsN 8 Banjar ( sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 671 tahun 2016 pada tanggal 17 November 2016 Tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah.

Dan Berikut ini nama-nama Kepala Madrasah MTsN 8 Banjar dari awal sampai sekarang :

KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ASTAMBUL ( MTsN 8 Banjar ) 

NO NAMA MASA JABATAN NAMA MADRASAH
1. H. Nor Aini. BA 1997-2001 MTsN Astambul
2. Drs. Zarkasi 2001-2004 MTsN Astambul
3. Drs. Zakaria. MM 2004-2005 MTsN Astambul
4. Drs. Muhaimin 2005-2005 MTsN Astambul
5. Drs. Firdaus.MM 2005-2009 MTsN Astambul
6. Dra. Latifah 2009-2013 MTsN Astambul
7. Dra. Hj. Noor Muhibbah, M.M. 2013 –Mei 2020 MTsN 8 Banjar
8. Muhammad Rafiq Hafiz, S. Pd.I Mei 2020 – Sekarang MTsN 8 Banjar

Dari Madrasah swasta sampai  rnenjadi  negeri, MTsN 8 Banjar mengalami banyak perubahan    terutama    dari   segi siswa, yang awalnya hanya mempunyai siswa sebanyak  47  orang   dan  jumlah rombongan belajar 3 kelas dengan sarana dan prasarana  seadanya, sekarang ini tercatat pada tahun pelajaran 2019 – 2020 jumlah muridnya  sebanyak 293 orang dengan    jumlah   rombongan  belajar     menjadi   14  kelas. Dengan rincian sebagai berikut :

­­­­­­­­

TINGKATAN

KELAS

SISWA JUMLAH
LAKI-LAKI PEREMPUAN
KELAS VII A 9 11 20
KELAS VII B 9 12 21
KELAS VII C 10 10 20
KELAS VII D 10 11 21
KELAS VIII A 12 10 22
KELAS VIII B 9 13 22
KELAS VIII C 10 13 23
KELAS VIII D 8 14 22
KELAS VIII E 8 12 20
KELAS VIII F 10 11 21
KELAS IX A 11 9 20
KELAS IX B 11 10 21
KELAS IX C 11 9 20
KELAS IX D 11 9 20
JUMLAH

TOTAL

139 154 293

Dan secara keseluruhan, sebagai berikut :

No. KELAS JUMLAH JUMLAH
L P PER KELAS
1 IX 44 37 81
2 VIII 57 73 130
3 VII 38 44 82
JUMLAH 139 154 293

Adapun   keadaan guru dan karyawan   pada tahun pelajaran   2019 -2020   adalah   sebagai   berikut:

No. Uraian PNS Non PNS Jumlah
L P L P
1 Kepala Madrasah 1 1
2 Jumlah Pendidik 5 17 2 4 28
3 Jumlah Tenaga Kependidikaan 3 3 2 8
Total 5 21 5 6 37

VISI, MISI, TUJUAN dan SASARAN

Visi

Terwujudnya siswa yang berimtaq, berakhlak mulia, berkarakter, berwawasan iptek, berprestasi, peduli lingkungan, dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat.

Misi

  1. Meningkatkan pelaksanaan pendidikan agama dan umum yang berorientasi pada pengembagan akhlaq mulia.
  2. Meningkatkan pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan
  3. Mewujudkan pendidikan budaya  dan karakter bangsa
  4. Mengembangkan bakat minat sejalan dengan iptek
  5. Meningkatkan kemampuan baca, tulis, berbahasa arab dan berbahasa inggris
  6. Menerapkan manajemen tata usaha, rumah tangga madrasah, perpustakaan dan laboraturium
  7. Mengintegrasikan lingkungan ke dalam kurikulum
  8. Menumbuhkan budaya peduli terhadap lingkungan dan mencegah pencemaran
  9. Meningkatkan tata kelola lingkungan madrasah yang bersih, sehat, indah, tertib, aman, rindang dan nyaman melalui pemeliharaan yang berkesinambungan untuk mewujudkan  sekolah adiwiyata
  10. Meningkatkan hubungan kerjasama yang baik dengan orang tua siswa dan masyarakat.

 Tujuan

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa kepada allah swt
  2. Mengembangkan potensi siswa agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia,berilmu, berwawasan kebangsaan, cakap, kreartif, dan dapat meraih prestasi
  3. Mengembangkan potensi siswa agar memiliki keahlian dalam iptek untuk menghadapi era globalisasi
  4. Mengembangkan potensi siswa agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, dengan secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memafaatkan sumber daya alam secara efektif dan efisien
  5. Mempersiapkan siswa sebagai bagian dari anggota masyarakat yang mandiri dan berguna.

Sasaran 

  1. Terciptakan pendidikan di MTsN 8 Banjar yang berkualitas setara dengan pendidkan
  2. Terciptakan  hubungan    keharmonisan   dengan   masyarakat   lingkungan dimana

Cara Pencapaian    Tujuan  dan   Sasaran

Melihat  Visi Dan  Misi MTsN  serta penjabaran  dalam tujuan  dan sasaran adalah sebagai berikut :

  1. Mengadakan bimbingan  dan penyuluhan kepada dewan guru dan    murid dalam proses pendidikan dan pengajaran.
  2. Mengadakan  kunjungan   silaturrahmi   kepada   sesama   guru  dansesama murid dan kepada masyarakat lingkungan yang berada di

KEBIJAKSANAAN

  1. Pokok – Pokok Kebijaksanaan

Memasuki   tahun   pelajaran   MTsN 8 Banjar Kabupaten   Banjar  mengupayakan    adanya   akuntabilitas    kinerja   yang   dapat dijadikan  dasar dalam mengembangkan   dan menjabarkan   lebih lanjut kredebel / citra  dan  wibawa   madrasah yang   terencana, terarah  dan berkesinambungan, maka untuk  kebijakan  yang  akan  dilaksanakan adalah sebagai berikut  :

  1. Terwujudnya  siswa-siswi   yang   agamis,   terampil, mempunyai    pengetahuan dan teknologi
  2. Terbentuknya  perilaku   yang  berakhlak   mulia,   sopan  santun   kepada   siapa saja.
  3. Terbentuknya  siswa-siswi    yang   menghayati    dan   mengamalkan     ajaran agama  dengan  sebenamya   dan mengembangkan   ilmu dan pengetahuan.
  4. Kebijaksanaan  Operasional

Adapun kebijaksanaan Opeasiaonal MTsN 8 Banjar adalah sebagai berikut  :

  1. Peningkatan kinerja secara optimal melalui sumber daya yang ada.
  2. Peningkatan  Akuntabilitas    kinerja   yang  berkualitas   sesuai   dengan   sumber daya  manusia  yang  memiliki   integritas  moral  untuk  melaksanakan    program yang telah
  3. Mensosialisasikan  dan  mengamalkan   serta  implementasi   kode  etik  pegawai Departemen  Agama  sesuai  dengan  KMA  Nomor  421  Tahun  2001  dan KMA nomor  373 Tahun 2002 tentang Organisasi  dan tata kerja Departemen  agama dan perangkatnya,

AKUNTABILITAS KERJA

Rencana  Unggulan  di MTsN 8 Banjar :

  1. Mengupayakan  peningkatan   mutu  yang  Out Putnya  bisa  rnemasuki jenjang berikutnya  dan disemua jurusan  pendidikan.
  2. Meningkatkan  Kualitas  dan kuantitas
  3. Memperbaiki / meningkatkan  sarana  dan prasarana,  baik  fisik  maupun  non fisik yang ada pada MTsN 8 Banjar.

KERJA  OPERASIONAL

  1. Melakukan  akurasi  data madrasah, guru, murid dan peserta   Ujian  Nasional
  2. Melakukan  KBM  secara  optimal  dan  pengadaan  buku
  3. Mengoptimalkan  pembinaan   dan bimbingan  terbadap  guru dan
  4. Mengoptimalkan  bangunan  fisik maupun  non fisik Madrasah  yang
  5. Mengintensifkan kegiatan ekstrakurikuler seperti olah raga, kesenian, pramuka, UKS dan keterampilan keagamaan

KESIMPULAN

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa secara kontinu kita harus mengupayakan :

  • Terciptanya Madrasah yang berkualitas dan berprestasi serta tertib, aman dan nyaman.
  • Terwujudnya siswa yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah serta mempunyai kepribadian yang tangguh.
  • Mengupayakan peningkatan mutu yang out putnya bias memasuki jenjang berikutnya disemua jurusan pendidikan.

Menjadikan guru / karyawan yang professional dengan etos kerja yang tinggi.