PROFIL MTSN 8 BANJAR
SEJARAH SINGKAT
Madrasah Tsanawiyah Negeri Astambul berasal dari sebuah Madrasah Tsanawiyah swasta yang bemama Al-Irsyad, berdiri pada tahun 1967 yang terletak di Desa Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambul.
Pada tahun 1995 Madrasah Tsanawiyah Swasta AI-Irsyad dinegerikan dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Nomor : 515 A pada tangga1 25 November 1995, sehingga statusnya berubah menjadi negeri dengan nama Madrasah Tsanawiyah Negeri Astambul.
Dan pada tahun 2016 Madrasah Tsanawiyah Negeri Astambul mengalami perubahan nama menjadi MTsN 8 Banjar ( sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 671 tahun 2016 pada tanggal 17 November 2016 Tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah.
Dan Berikut ini nama-nama Kepala Madrasah MTsN 8 Banjar dari awal sampai sekarang :
KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ASTAMBUL ( MTsN 8 Banjar )
NO | NAMA | MASA JABATAN | NAMA MADRASAH |
1. | H. Nor Aini. BA | 1997-2001 | MTsN Astambul |
2. | Drs. Zarkasi | 2001-2004 | MTsN Astambul |
3. | Drs. Zakaria. MM | 2004-2005 | MTsN Astambul |
4. | Drs. Muhaimin | 2005-2005 | MTsN Astambul |
5. | Drs. Firdaus.MM | 2005-2009 | MTsN Astambul |
6. | Dra. Latifah | 2009-2013 | MTsN Astambul |
7. | Dra. Hj. Noor Muhibbah, M.M. | 2013 –Mei 2020 | MTsN 8 Banjar |
8. | Muhammad Rafiq Hafiz, S. Pd.I | Mei 2020 – Sekarang | MTsN 8 Banjar |
Dari Madrasah swasta sampai rnenjadi negeri, MTsN 8 Banjar mengalami banyak perubahan terutama dari segi siswa, yang awalnya hanya mempunyai siswa sebanyak 47 orang dan jumlah rombongan belajar 3 kelas dengan sarana dan prasarana seadanya, sekarang ini tercatat pada tahun pelajaran 2019 – 2020 jumlah muridnya sebanyak 293 orang dengan jumlah rombongan belajar menjadi 14 kelas. Dengan rincian sebagai berikut :
TINGKATAN
KELAS |
SISWA | JUMLAH | |
LAKI-LAKI | PEREMPUAN | ||
KELAS VII A | 9 | 11 | 20 |
KELAS VII B | 9 | 12 | 21 |
KELAS VII C | 10 | 10 | 20 |
KELAS VII D | 10 | 11 | 21 |
KELAS VIII A | 12 | 10 | 22 |
KELAS VIII B | 9 | 13 | 22 |
KELAS VIII C | 10 | 13 | 23 |
KELAS VIII D | 8 | 14 | 22 |
KELAS VIII E | 8 | 12 | 20 |
KELAS VIII F | 10 | 11 | 21 |
KELAS IX A | 11 | 9 | 20 |
KELAS IX B | 11 | 10 | 21 |
KELAS IX C | 11 | 9 | 20 |
KELAS IX D | 11 | 9 | 20 |
JUMLAH
TOTAL |
139 | 154 | 293 |
Dan secara keseluruhan, sebagai berikut :
No. | KELAS | JUMLAH | JUMLAH | |
L | P | PER KELAS | ||
1 | IX | 44 | 37 | 81 |
2 | VIII | 57 | 73 | 130 |
3 | VII | 38 | 44 | 82 |
JUMLAH | 139 | 154 | 293 |
Adapun keadaan guru dan karyawan pada tahun pelajaran 2019 -2020 adalah sebagai berikut:
No. | Uraian | PNS | Non PNS | Jumlah | ||
L | P | L | P | |||
1 | Kepala Madrasah | 1 | 1 | |||
2 | Jumlah Pendidik | 5 | 17 | 2 | 4 | 28 |
3 | Jumlah Tenaga Kependidikaan | 3 | 3 | 2 | 8 | |
Total | 5 | 21 | 5 | 6 | 37 |
VISI, MISI, TUJUAN dan SASARAN
Visi
Terwujudnya siswa yang berimtaq, berakhlak mulia, berkarakter, berwawasan iptek, berprestasi, peduli lingkungan, dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat.
Misi
- Meningkatkan pelaksanaan pendidikan agama dan umum yang berorientasi pada pengembagan akhlaq mulia.
- Meningkatkan pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan
- Mewujudkan pendidikan budaya dan karakter bangsa
- Mengembangkan bakat minat sejalan dengan iptek
- Meningkatkan kemampuan baca, tulis, berbahasa arab dan berbahasa inggris
- Menerapkan manajemen tata usaha, rumah tangga madrasah, perpustakaan dan laboraturium
- Mengintegrasikan lingkungan ke dalam kurikulum
- Menumbuhkan budaya peduli terhadap lingkungan dan mencegah pencemaran
- Meningkatkan tata kelola lingkungan madrasah yang bersih, sehat, indah, tertib, aman, rindang dan nyaman melalui pemeliharaan yang berkesinambungan untuk mewujudkan sekolah adiwiyata
- Meningkatkan hubungan kerjasama yang baik dengan orang tua siswa dan masyarakat.
Tujuan
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa kepada allah swt
- Mengembangkan potensi siswa agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia,berilmu, berwawasan kebangsaan, cakap, kreartif, dan dapat meraih prestasi
- Mengembangkan potensi siswa agar memiliki keahlian dalam iptek untuk menghadapi era globalisasi
- Mengembangkan potensi siswa agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, dengan secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memafaatkan sumber daya alam secara efektif dan efisien
- Mempersiapkan siswa sebagai bagian dari anggota masyarakat yang mandiri dan berguna.
Sasaran
- Terciptakan pendidikan di MTsN 8 Banjar yang berkualitas setara dengan pendidkan
- Terciptakan hubungan keharmonisan dengan masyarakat lingkungan dimana
Cara Pencapaian Tujuan dan Sasaran
Melihat Visi Dan Misi MTsN serta penjabaran dalam tujuan dan sasaran adalah sebagai berikut :
- Mengadakan bimbingan dan penyuluhan kepada dewan guru dan murid dalam proses pendidikan dan pengajaran.
- Mengadakan kunjungan silaturrahmi kepada sesama guru dansesama murid dan kepada masyarakat lingkungan yang berada di
KEBIJAKSANAAN
- Pokok – Pokok Kebijaksanaan
Memasuki tahun pelajaran MTsN 8 Banjar Kabupaten Banjar mengupayakan adanya akuntabilitas kinerja yang dapat dijadikan dasar dalam mengembangkan dan menjabarkan lebih lanjut kredebel / citra dan wibawa madrasah yang terencana, terarah dan berkesinambungan, maka untuk kebijakan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :
- Terwujudnya siswa-siswi yang agamis, terampil, mempunyai pengetahuan dan teknologi
- Terbentuknya perilaku yang berakhlak mulia, sopan santun kepada siapa saja.
- Terbentuknya siswa-siswi yang menghayati dan mengamalkan ajaran agama dengan sebenamya dan mengembangkan ilmu dan pengetahuan.
- Kebijaksanaan Operasional
Adapun kebijaksanaan Opeasiaonal MTsN 8 Banjar adalah sebagai berikut :
- Peningkatan kinerja secara optimal melalui sumber daya yang ada.
- Peningkatan Akuntabilitas kinerja yang berkualitas sesuai dengan sumber daya manusia yang memiliki integritas moral untuk melaksanakan program yang telah
- Mensosialisasikan dan mengamalkan serta implementasi kode etik pegawai Departemen Agama sesuai dengan KMA Nomor 421 Tahun 2001 dan KMA nomor 373 Tahun 2002 tentang Organisasi dan tata kerja Departemen agama dan perangkatnya,
AKUNTABILITAS KERJA
Rencana Unggulan di MTsN 8 Banjar :
- Mengupayakan peningkatan mutu yang Out Putnya bisa rnemasuki jenjang berikutnya dan disemua jurusan pendidikan.
- Meningkatkan Kualitas dan kuantitas
- Memperbaiki / meningkatkan sarana dan prasarana, baik fisik maupun non fisik yang ada pada MTsN 8 Banjar.
KERJA OPERASIONAL
- Melakukan akurasi data madrasah, guru, murid dan peserta Ujian Nasional
- Melakukan KBM secara optimal dan pengadaan buku
- Mengoptimalkan pembinaan dan bimbingan terbadap guru dan
- Mengoptimalkan bangunan fisik maupun non fisik Madrasah yang
- Mengintensifkan kegiatan ekstrakurikuler seperti olah raga, kesenian, pramuka, UKS dan keterampilan keagamaan
KESIMPULAN
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa secara kontinu kita harus mengupayakan :
- Terciptanya Madrasah yang berkualitas dan berprestasi serta tertib, aman dan nyaman.
- Terwujudnya siswa yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah serta mempunyai kepribadian yang tangguh.
- Mengupayakan peningkatan mutu yang out putnya bias memasuki jenjang berikutnya disemua jurusan pendidikan.
Menjadikan guru / karyawan yang professional dengan etos kerja yang tinggi.